http://didicapital.blogspot.com/ DidiCapital Saham, Reksadana, Belajar Analisa Teknikal, Trading -->

IDX Stock Ticker

Thursday, January 29, 2009

Software Gratis untuk Belajar Analisa Teknikal

Mau belajar Analisa Teknikal tapi belum ada software yang cocok? Wow, mungkin saya punya solusinya buat Anda yang baru belajar seperti saya. Softwarenya Gratis pula dan menurut saya lebih simpel dari yang selama ini ada. Begini, dua tahun lalu saya pernah ikut kursus MS yang lumayan mahal, cuma dasar memang otak saya yang tidak mampu, akhirnya CD Free Trial MS yang 1 bulan itu - dikasih karena ikut kursus - tidak bisa maksimal saya gunakan. Pertama karena saya gaptek, terus tidak bisa pake downloadernya, lagipula mesti disiplin setiap hari mendowbload data BEI. Berat juga. Begitu juga dengan AB, saya suka melihat tampilannya, tidak perlu mendownload manual, tapi AB akan mendownload data BEI secara otomatis, tapi berhubung otak sudah agak terlambat mikir, maklum sudah tua, jadi sama saja dengan MS, AB tidak berfungsi di saya.




Dari seorang teman, Mr. Ajong, direkomendasikanlah agar saya coba menggunakan software saham yang gratis ini dari Chart Nexus (CN) yang berbasis di Singapura. Database yang dipakai CN sangat kecil karena kita hanya mengambil data yg sudah diolah di server CN di Singapura. Mau lihat hasil tampilan CN? Ya ini yang ada di Blog saya ini. Hehe..

Tertarik? Caranya gampang, coba klik disini lalu;
1. Cari tombol "Sign Up" di baris paling atas, maka Anda akan diminta untuk mengisi form seperti dibawah ini. Silahkan dipilih, Anda memerlukan mana saja. Kalau saya sih, sudah cukup JSX dan US.



2. Setelah dilengkapi, maka CN akan mengirimkan e-mail. Lalu Anda buka e-mail dari CN dan Anda klik link untuk aktifasinya.

3. Setelah aktifasi, silahkan Anda download program Chart Nexus dengan menggunakan ID dan password yang tadi Anda buat.

4. Saat mendownload Anda akan ditanya apakah Anda akan mendownload data BEI otomatis setiap kali membuka CN? Itu berarti Anda mesti online dengan internet terus. Kalau saya sih tidak menyetelnya, jadi saya hanya mendownload data BEI dan World Index hanya satu kali, setiap malam saja.

5. Setelah download data complete, maka Anda lihat pojok kiri atas CN, apakah tanggalnya sudah sama dengan tanggal Bursa terakhir? kalau belum, Anda mesti mengulangi download datanya.

6. Selanjutnya jika sudah berhasil download dan ingin menggunakan CN, sebetulnya parameter di CN itu yang common dipakai, tapi kalau Anda ingin setting sendiri, silahkan Anda rubah settingan parameternya.

Tidak perlu saya jelaskan lagi kan? Nah, selamat mencoba. Kalau ada yang masih bingung, mendingan ikutan saya aja jadi fansnya Budi Anduk Tawa Sutra XL di Facebook.. Hehe.. Gak deng, tanya saya aja kalo ada yang mau ditanyakan yaa.. (di Shoutmix juga bisa) Selamat mencoba..





Related Posts by Categories



6 comments:

Stephanus said...

Dear Pak Didi,

Saya sudah download software ChartNexus tetapi saya tidak bisa untuk run selalu ada tulisan "this program needs Java Run-time Environment (JRE) 1.5 or above to run". Apakah artinya saya harus mencari software Java tsb agar program ini bisa jalan atau bagaimana, mohon pencerahannya.
Thank you,
Stephanus Ari

Anonymoussaid...

Thanks Pak Didi. Tapi saya ada satu pertanyaan lagi, kalo mw mngetahui info ttg bid dan ask price utk masing2 saham bagaimana ya caranya? Apa ada web-link dimana kita bisa mencari info tersebut?

Thanks
Edho

Didi H. said...

Dear Pak Stephanus,

Memang Bapak harus install JRE dulu... seharusnya itu satu paket dg ChartNexus.. Mungkin tadi saat Bapak download, Bapak tidak mengklik atau mengabaikan ajakan Chart Nexus buat ikut mendownload JRE... JRE it's free kok Pa.. I think they're secured... So, Bapak mesti reinstall lagi Chart Nexus dari awal... Yg lama dibersihin aja dulu.. Semoga membantu.. Tks for coming Pa.. Salam, Didi

Didi Capital said...

Bung Edho,

Current or List Bid-Ask (Bid-Offer) Prica? Gimana yah, sepanjang jam bursa kan berubah-2 terus? Kalo mau sih, paling nyatetin (cape emangnya) utk Price : Open, Close, Low, High.. tp mesti setting by downloading Chart Nexus... Selain itu, sy mungkin no-idea.. Mudah2an cukup membantu.. Tks dah mampir yah.. Salam, Didi

Minyak Angin Aromatherapy said...

Minyak
Angin
Aromatherapy
Mohon dukungannya yach....?!
Semangat..semangat>>>
Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang
MINYAK ANGIN AROMATHERAPY

Anonymoussaid...

Mas Didi, kalau mau buat setting EMA di chartnexus gimana caranya ya?kok sy cm bisa pakai SMA..., thx

Pondok Pesantren Daarut Tarbiyah

Meta Tags Generator - AddMe SEMRush.com.

eWebSubmission.com - Global Web Directory DidiCapital Saham, Pelatihan Gratis, Belajar Analisa Teknikal: Software Gratis untuk Belajar Analisa Teknikal
Free Meta Tag Generator