http://didicapital.blogspot.com/ DidiCapital Saham, Reksadana, Belajar Analisa Teknikal, Trading -->

IDX Stock Ticker

Wednesday, February 11, 2009

IHSG Pebruari 2009 : "Mau Kemana?"

Sudah 3 minggu, malah hampir satu bulan ini gerakan IHSG hanya disitu-situ saja (range : Low 1.288/1.298, High 1.350/1.361). Sampai dengan Akhir bulan Pebruari 2009 diperkirakan juga hanya akan disitu saja. Memang tetap ada harapan kembali ke 1.368 yang kalau dapat terlewati bisa merubah target menjadi 1.411. Namun jika kurs IDR/USD masih dikisaran Rp.11.500-Rp.12.000/USD, hal itu agak sulit dicapai. Berita-berita yang menyebutkan kondisi ekonomi RI yang memburuk misalnya; beberapa bulan deflasi yang cenderung mencerminkan tidak adanya pertumbuhan konsumsi, peningkatan angka pengangguran, situasi politik menjelang Pemilu, minimnya devisa lokal dari hasil ekspor, langkanya USD di pasaran Internasional dan kinerja Emiten untuk tahun 2008 yang tidak sesuai harapan Investor, akan semakin memperberat kinerja IHSG.




Wajar jika sikap yang diambil para Investor hanya 'wait and see' karena dengan kondisi mereka yang saat ini sudah 'berdarah-darah' akibat crash 2008 dan dana yang tersisa pun sangat terbatas, keinginan untuk memaksimalkan hasil dari dana yang terbatas itu cenderung akan membentuk Investor bersikap 'over-protective' dan sangat berhati-hati, apalagi Investor BEI pun hanya 'itu-itu' saja.


BEI memang memerlukan 'darah segar' dari para Investor baru yang masih bisa optimis akan kinerja Emiten kita untuk 2-3 tahun ke depan. Namun apakah usaha Road-Show ke negara-negara yang tidak terlalu terkena imbas krisis seperti negara-negara Timur-Tengah sudah dilakukan? Saya belum mendengar kabar itu. Jika hal itu dilakukan pun kemungkinan tidak akan memberikan hasil yang maksimal dikarenakan payung hukum kita yang dinilai tidak cukup memberikan perlindungan bagi Investor. Apalagi ekspose media massa atas kasus-kasus di pasar keuangan kita yang terjadi selama ini bisa saja semakin menambah kekhawatiran Investor baru untuk masuk.


Saat ini dan ke depannya, keterbukaan informasi kepada publik mengenai kondisi terkini, pengawasan yang lebih ketat kepada para pelaku pasar dalam hal ini Emiten, Pialang/Broker, dan Pengelola Dana, maupun hukuman yang memberikan efek jera bagi para oknum, sangat perlu diterapkan dan ditingkatkan. Selain itu kegiatan-kegiatan edukasi mengenai tata cara berinvestasi yang baik, edukasi produk-produk pasar modal, serta informasi hak dan kewajiban Investor harus segera dilakukan.


Satu dan lain hal yang seringkali terabaikan adalah peningkatan pelayanan kepada Investor yang salahsatu contohnya adalah seperti disebutkan di atas yaitu keterbukaan informasi mengenai kondisi terkini termasuk segala sesuatu hal yang berkaitan dengan posisi investasi mereka. Bagi Investor baru atau calon Investor pemula, hamparan 'red carpet' mungkin diperlukan. Jika hal-hal itu tidak segera dilakukan - mumpung pasar sedang lesu - dan kondisi pasar regional berangsur normal, bisa saja pasar kita yang terakhir bisa bangkit.


Mari kita sama-sama introspeksi dan berbenah diri serta memohon kepada Tuhan YME agar badai segera berlalu. Amiin. Wallahu a'lam bisshowab




Related Posts by Categories



0 comments:

Pondok Pesantren Daarut Tarbiyah

Meta Tags Generator - AddMe SEMRush.com.

eWebSubmission.com - Global Web Directory DidiCapital Saham, Pelatihan Gratis, Belajar Analisa Teknikal: IHSG Pebruari 2009 : "Mau Kemana?"
Free Meta Tag Generator