http://didicapital.blogspot.com/ DidiCapital Saham, Reksadana, Belajar Analisa Teknikal, Trading -->

IDX Stock Ticker

Friday, September 25, 2009

IHSG : Perkiraan Bulan Oktober - Nopember 2009


Dari chart diatas terlihat bahwa;
Hangseng : pada Agustus s/d September 2007 Hangseng menyamai gerakan IHSG. Dan sejak itu (September 2007) Hangseng memulai penurunan drastisnya hingga Nopember 2008. Kemudian naik sedikit, dan terulang kembali nilai terbawahnya di bulan Maret 2009. Namun sejak Januari 2007 hingga September 2009 ini Hangseng sudah mencapai atau sama dengan nilainya pada Januari 2007 lalu (0%) dalam jangka waktu 2 tahun 9 bulan.

IHSG : sejak penurunan tajamnya di bulan Agustus 2007 - karena imbas Subprime Mortgage di AS - hingga Pebruari 2008 lalu atau sama dengan 7 bulan, IHSG mengalami kenaikan sekitar 50%. Dan sejak Maret 2008 itu hingga Nopember 2008, IHSG mengalami penurunan 90%. Lalu sejak Nopember 2008 lalu hingga September 2009 ini IHSG sudah rebound mencapai sekitar 75% atau masih kurang sekitar 15% dari level tertingginya di 2.800-an.


Namun beberapa Indeks seperti; Nikkei, masih minus 40% dibanding Januari 2007 lalu, Dow Jones dan FTSE relatif sama yaitu masih minus sekitar 20%. Padahal beberapa Indeks yaitu Dow Jones, FTSE, Hangseng, dan IHSG, kecuali Nikkei pada bulan Nopember 2008 lalu relatif memiliki nilai yang sama. Dan terjadi pengulangannya antara Dow Jones, FTSE, dan Hangseng,
kecuali Nikkei dan IHSG, pada bulan Maret 2009.

Dari sini terlihat bahwa dengan kapitalisasi pasar yang paling kecil dibanding Dow Jones, FTSE, Nikkei, dan Hangseng, IHSG relatif lebih mudah untuk naik maupun turun secara drastis.

AS dan Jepang saat ini masih dianggap sebagai motor penggerak ekonomi dunia dimana angka konsumsi masyarakat AS dan tingkat ekspor industri Jepang sangat berpengaruh kepada pertumbuhan ekonomi dunia, lalu dari gambar diatas apakah saat ini sudah terjadi perbaikan tingkat pertumbuhan ekonomi di kedua negara tersebut dan kalau boleh ditambah dengan Eropa dengan FTSE-nya? Sepertinya belum.

Untuk itu saya tetap menyarankan agar teman-teman berhati-hati karena diperkirakan setelah mencapai level 2.500 pada penutupan bulan September 2009 ini dimana Emiten, Fund Manager, Manager Investasi, dan para Investor besar seperti Perusahaan Private Placement, Yayasan, Dana Pensiun, dan Asuransi memiliki kepentingan yang sama yaitu menutup Laporan Posisi Portofolio Q3 2009 ini dengan nilai yang baik, maka penurunan drastis pada IHSG diperkirakan dapat saja terjadi pada bulan Oktober s/d Nopember 2009 ini dengan Support Level di 2.280. Tapi mudah-mudahan dengan semakin berkembangnya transaksi On Line Trading yang menyebabkan semakin banyak Investor Retail dari kalangan Ibu Rumah Tangga, Karyawan, dan Pengusaha yang relatif awam dan sibuk dengan kegiatan pokoknya masing-masing sehingga tidak terlalu dapat memantau pergerakan harga saham, akan dapat menahan penurunan tersebut. Amiin...

Related Posts by Categories



2 comments:

Oleg said...

Hi! Very good post and your blog also is very good. That is why we invite you to join the service www.LinkFromBlog.com – the place where you earn money just for posting in your blog. Visit the site and find more detailed information there. Make your blog work for you – it is very simple! Good luck.

ilham dalimunthe said...

wah saham y ane kurang ngerti, hehehe. but nice blog.

Pondok Pesantren Daarut Tarbiyah

Meta Tags Generator - AddMe SEMRush.com.

eWebSubmission.com - Global Web Directory DidiCapital Saham, Pelatihan Gratis, Belajar Analisa Teknikal: IHSG : Perkiraan Bulan Oktober - Nopember 2009
Free Meta Tag Generator